Tips Mendidik Anak Menurut Islam

Memiliki anak Sholeh dan Sholehah merupakan idaman bagi kedua orang tua, terutama bagi seorang muslim. Namun sebagai orang tua, mendidik anak bukanlah sesuatu yang boleh dipandang sebelah mata. Orang tua menginginkan anak yang Sholeh dan Sholehah tapi ia sendiri enggan bahkan acuh tak acuh terhadap kehidupan sosial anaknya. Membentuk karakter anak yang punya budi pekerti, patuh, dan taat kepada orang tua serta memiliki akhlak yang mulia tidak hanya sebatas dari pergaulan sosialnya saja. Hal yang paling mendukung perubahan karakter baik sang anak adalah kedua orang tuanya. Dalam mendidik anak, sebagai orang tua harus benar-benar memahami cara mendidik anak menurut Islam, agar terbentuk kepribadian yang Sholeh serta Sholehah.

Orang tua memiliki tanggung jawab serta pengaruh besar terhadap kepribadian anak, jika sebagai orang tua menginginkan sosok anak yang berhati lembut, patuh, taat serta memliki akhlak yang mulia sudah sepatutnya sebagai orang tua mengerti apa dan bagaimana cara mendidik anak secara islami.

Rosulallah shalallahu alaihi wasallam telah mengajarkan kita bagaimana cara mendidik anak agar memiliki akhlak yang mulia. Dalam pesan kesannya yang beliau telah sampaikan kepada umat islam bagaimana tata cara mendidik anak menurut Islam.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenalkan dan mendidik anak tentang tauhid. Ini adalah cara atau langkah pertama dalam mengenalkan anak terhadap islam. Menurut rosulallah shalallahu alaihi wassalam ketika anak berusia 3 tahun maka ajarkanlah kepadanya kalimat tauhid “la Ilaha illallah” kemudian setelah beranjak usia 3 tahun 7 bulan ajarkanlah kepadanya kalimat “Muhammad rosulallah”.

Selajutnya adalah mendidik dan mengajarakan anak tentang sholat. Sholat merupakan tiang agama bagi umat Islam, ajarkan kepada anak tentang betapa petingnya sholat dalam kehidupan beragama. Imam Al Baqir dan imam Ash Shadiq menerangkan bagaimana tata cara mendidik anak tentang sholat yang baik dan benar.

  1. Setelah anak berusia 5 tahun dan dapat mengingat serta mengerti bahasa dengan baik dan benar, maka ajarkanlah kepadanya bagaimana arah dan menghadap kiblat yang benar, dan mulailah mengajaknya untuk mengerjakan shalat.
  1. Pada usia 7 tahun ajarkanlah kepadanya membasuh muka dan tangan sebelum melakukan shalat lima waktu, lalu mintalah anak untuk mengerjakan shalat.
  1. Jika anak sudah menginjak usia 9 tahun, pada tahap ini ajarkanlah kepadanya bagaimana tata cara berwudhu yang baik dan benar, serta tata cara dalam melaksanakan sholat. Dan wajibkan mereka melaksanakan shalat. Orang tua juga berhak menerapkan hukuman atas anaknya jika sang anak menolak untuk mengerjakan sholat.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mendidik anak menurut Islam. Semoga artikel ini dapat membangun kepribadian serta karakter anak yang Islamiyah. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *