Mengajak Anak Mengenal Puasa Ramadhan

Sebagai umat islam, menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban. Puasa merupakan rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat Islam, namun terdapat pengecualian terhadap anak-anak yang belum mencapai umur baligh. Nah oleh karena itu bagi kedua orang tua, mengajak anak mengenal puasa ramadhan itu sangat penting, supaya jika sudah sampai kewajibannya, sang anak dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Mengajak anak mengenal puasa perlu diperhatikan, jangan terlalu memaksa atau keras terhadap anak karena, bagaimanapun mereka masih seorang anak kecil yang sangat membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

Untuk mengenalkan atau mengajarkan anak mengenai puasa, pertama sebagai orang tua tentu kita harus memberikan contoh yang baik dengan cara berpuasa dan menularkan semangat berpuasa terhadap anak. Sungguh aneh bukan jika sebagai orang tua tidak berpuasa tetapi ia menginginkan jika anaknya nanti akan rajin berpuasa. Ini adalah metode yang ampuh dalam mengenalkan puasa terhadap anak. Tanpa disadari sang anak akan mengikuti sendiri kebiasaan yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Tidak hanya menjalankan puasa saja, orang tua juga perlu memberikan pembelajaran mengenai kewajiban berpuasa di bulan ramadhan.

Tips selanjutnya dalam mengajak anak mengenal puasa ramadhan adalah dengan menunjukan bahwa puasa adalah hal yang mudah. Sebagai orang dewasa memang puasa di bulan ramadhan tidak begitu berat, namun bagi anak-anak itu adalah hal yang cukup berat. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus menunjukkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan agar menjadi contoh oleh anak.

Dalam mengajarkan anak berpuasa hendaknya kedua orang tua melakukannya secara perlahan-lahan. Jika anak tidak sanggup untuk berpuasa penuh pada bulan ramadhan, sebagai orang tua hendaknya tidak memaksakan anak untuk melakukan puasa penuh karena bagaimanapun kita hanya perlu mengajarkan dan mengenalkan puasa terhadap anak. Dengan kebiasaan yang sering dilakukan yakni berpuasa di bulan ramadhan, lambat laun sang anak akan terbiasa berpuasa penuh di bulan ramadhan.

Itulah beberapa tips mengajak anak mengenal puasa ramadhan yang perlu diperhatikan oleh kedua orang tua. Mendidik anak yang berakhlak mulia bukan perkara yang mudah tanpa ada pengajaran dan pembelajaran dari kedua orang tua. Sekian dan Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *