Kewajiban Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Sejak menikah, kita dituntut untuk memiliki konsep dalam mendidik anak kelak. Jangan serta merta menjalani kehidupan berkeluarga tanpa arah dan tujuan. Mendidik anak harus dilakukan sejak dini sehingga setelah dewasa nanti mereka bisa memahaminya.

Anak sebagai titipan dari Alloh bagi kita, maka sebagai orang tua berkewajiban untuk mendidik anak sesuai dengan yang diperintahkan Alloh SWT. Berdasarkan Al-Qur’an, inilah 3 kewajiban orang tua dalam mendidik anak sesuai ajaran islam.

Mengenalkan Alloh dan belajar mentaati perintah-Nya

Orang tua wajib mengenalkan siapa Alloh sejak balita dan mengapa kita mentaati perintah-Nya. Pelajaran ini bisa diterapkan sejak kecil melalui tata cara ibadah secara sederhana. Ibadah sebagai bentuk ketaatan tidak hanya karena Alloh sebagai pencipta manusia, tapi karena hidup kita akan bahagia dengan taat kepada-Nya.

Seperti mentaati perintah shalat sejak dini, mengajarkan shalat dan memberikan pelajaran mengapa kita harus shalat, apa manfaat shalat dan seterusnya.

Memberikan dasar hubungan harmonis dengan orang lain

3 Kewajiban orang tua dalam mendidik anak sesuai ajaran islam yang kedua ini yakni berkaitan dengan cara berhubungan antar manusia (hablumminannas). Sejak dini anak harus dibiasakan berhubungan baik dengan orang lain. Ajarkan tata cara bergaul dengan sesama dilandasi rasa saling menghargai dan menghormati. Pendidikan hablumminannas ini salah satunya menerapkan akhlak baik agar hubungan dengan orang lain tetap terjaga.

Memberikan fondasi mental yang kuat

Untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang, sebagai orang tua wajib memberikan dasar fondasi bagi anak. Pendirian anak mesti dibangun sejak kecil, mulai dari pendidikannya, imannya dan akhlak terhadap sesama.

Selain itu, ilmu juga sangat penting sebagai fondasi mental si Anak. Ilmu membuat dia mampu bertahan dan senantiasa memberikan jalan keluar ketika dia menghadapi masalah kelak.

Nah, setelah membaca ulasan di atas? Apakah 3 kewajiban orang tua dalam mendidik anak sesuai ajaran islam itu sudah dilaksanakan atau belum? Jika belum, mari kita terapkan di Rumah dan perhatikan perkembangan anak sejak dini sebelum semuanya terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *