Inilah Cara Mudah belajar Parenting Islami

Sebagai orang tua, tentu kita memahami bahwa menerapkan pendidikan yang baik pada anak di rumah tidak bisa asal-asalan. Betapa pentingnya bagi kita untuk selalu mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk mendidik mereka agar tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Cara mudah belajar parenting islami bisa anda terapkan di rumah meskipun anak-anak masih berusia dini. Berikut pembahasannya.

  1. Memanfaatkan waktu luang untuk sharing ilmu bersama

Bagi orang tua yang sibuk dengan pekerjannya, waktu luang yang dimiliki mesti dimanfaatkan sebaik mungkin. Quality time bersama keluarga menjadi bagian penting dalam memberikan pelajaran kepada anak-anak. Lakukan berbagai aktivitas bersama, seperti melakukan ibadah, olahraga, saling bercerita dan hal lain yang membuat kedekatan semakin erat. Saat itu juga orang tua bisa membimbing dan memberikan pengarahan berbagai ilmu kepada anak-anak.

  • Mengajari anak dengan cara yang asyik di Rumah

Orang tua tentu bisa bertindak sebagai guru di rumahnya, mereka mengajarkan berbagai hal baik yang perlu dipahami anak-anak. Untuk itu, perlu inovasi agar anak-anak merasa nyaman belajar berbagai hal dengan orang tuanya. Cara belajar yang asyik ini akan mudah dipahami, si anak menikmati proses belajarnya dan hatinya penuh dengan kegembiraan.

  • Menggali setiap hikmah dari berbagai kejadian

Baik itu kejadian yang menyenangkan atau tidak, orang tua harus membukakan jalan dan menerangkan bahwa ada hikmah di balik semua kejadian. Seperti ketika anak mendapatkan hadiah, maka kita ajarkan untuk selalu berterima kasih dan bersyukur kepada Alloh bahwa rezeki itu datang melalui hadiah yang diperoleh. Cara mudah belajar parenting islami bisa diterapkan dari mulai hal-hal kecil seperti ketika anak jatuh, maka selain mengobati fisiknya, kuatkan juga batinnya bahwa jatuh adalah hal biasa, segera bangkit dan tidak perlu menangis berlebihan.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, namun ketika memiliki semangat untuk terus memperbaiki kepribadian, hal itu justru lebih mengasyikan. Cara mudah belajar parenting islami di atas merupakan gambaran umumnya saja, anda bisa mengembangkan lagi dan mempelajari hal-hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *