Dampak Pujian Dan Celaan Yang Ditujukan Anak

Selamat datang, hai ayah, bunda, di artikel kali ini kami akan membahas secara meluas mengenai dampak pujian dan celaan yang ditujukan anak. Tentunya saya, Anda, kita semua pasti merasa bangga dan bahagia bila diantara anak kita ada yang berprestasi. Baik berprestasi dalam lingkup akademik, non akademik, dan bidang lainnya. Dengan otomatis kita sebagai orang tua pastilah senang, sehingga memberikan pujian kepada sang anak. Sanjungan dan pujian boleh karena dapat membawa semangat yang tertanam di pribadi anak, tapi kalau berlebihan ya kurang bagus juga bagi si anak. Jadi sewajarnya saja ya.

Di mana ada pujian, disitu terkadang juga hadir celaan di waktu yang berbeda. Celaan orang tua biasanya terlontar terhadap sang anak, jika si anak melakukan kesalahan dan tindakan buruk. Sengaja ataupun tidak sengaja, dengan mencela anak, akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan sang anak. Hati-hati ya ayah, bunda.

Nah untuk ayah, bunda yuk ikuti ulasan dampak pujian dan celaan yang ditujukan anak :

Dampak pujian yang didapat anak dari orangtuanya tak selamanya berimbas positif, pujian yang terlalu banyak justru memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan si anak.

  1. Menumbuhkan confidence pada anak (rasa percaya diri)

Pujian dari orang tua kepada anaknya dapat membangkitkan rasa percaya diri si anak. Sehingga hal ini dapat membuat sang anak senang atas prestasi ataupun hal positif lain yang dia capai, baik itu di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Dengan dipuji, tentunya anak akan bertambah semangat guna meraih prestasi-prestasi dan capaian positif lainnya.

  • Anak cenderung memiliki sifat sombong

Untuk anak yang terlalu dibanggakan dan kerap dipuji, akan menjadikan diri mereka pribadi yang sombong. Pujian berlebih akan membuat si anak salah menempatkan diri dalam bersosial di lingkungan sekitarnya. Sang anak cenderung akan merasa paling segala-galanya di antara orang-orang di sekitarnya.

Untuk ayah, bunda, senang terhadap anak boleh, tapi jangan terlalu berlebihan memberikan pujian ya.

Dampak seringnya mencela anak. Celaan kepada anak, terlebih lagi dari orangtuanya sendiri pastilah memberi imbas buruk kepada sang anak. Berikut diantara imbas celaan :

  1. Anak menjadi minder

Terkadang tanpa disadari, orang tua mencela anaknya sendiri. Nah akibat dari celaan tersebut tidak bisa dianggap remeh lho. Dengan celaan yang terlalu sering didengar sang anak, anak akan beranggapan bahwa dirinya sangat bodoh, tidak percaya diri, dan tidak bisa apa-apa dibanding teman-temannya. Hal ini sangat berpengaruh pada prestasi anak di sekolahnya.

  • Mengakibatkan stres

Bukan tidak mungkin bila anak terlalu banyak dicela, dapat menimbulkan tekanan terhadap anak. Anak akan merasa dirinya tertekan, sehingga dampak berbahaya adalah depresi, stres. Alangkah baiknya sebagai orang tua lebih berhati-hati lagi memilih kata agar tidak menggangu jiwa dan emosional anak.

Oke itu dia ya ayah, bunda ulasan seputar dampak pujian dan celaan yang ditujukan anak. Hati-hati dalam memberikan pujian ya ayah bunda, apalagi celaan. Sewajarnya saja. Sampai di sini perjumpaan kali ini, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *