Cara Orang Tua Milenial Mengasuh Anak

Tiap generasi pasti telah memiliki pola asuh yang berbeda-beda. Termasuk juga pola asuh generasi milenial yang sangat berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Para orang tua pada generasi pendahulu milenial dinilai cenderung fokus DAN sangat berlebihan terhadap anak, bahkan memiliki peran besar dalam menentukan masa depan atau hal-hal yang dikonsumsikan oleh keturunan mereka. Dalam Adweek tertera, milenial yang dibesarkan oleh orang tuanya akan mengadopsi gaya Helicopter Parenting. Orang tua mereka akan selalu mengawasi segala tindak tanduk si anak bahkan, para orang tua akan “membungkus” si anak dari segala hal yang dianggap akan menjatuhkan dan berpengaruh negatif bagi perkembangannya. Di sini cara orang tua milenial mengasuh anak sangatlah ditekankan agar para anak tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang berbau negatif dan merusak kepribadian.

Berikut ini beberapa cara orang tua milenial mengasuh anak yang mungkin dapat diterapkan dalam kehidupan yang modern ini:

  1. Para orang tua, sebaiknya berikan anak ruang untuk menjelaskan apa yang terjadi

Kebanyakan para orang tua selalu melontarkan kemarahannya kepada si anak jika melakukan suatu kesalahan. Berikanlah anak sedikit ruang untuk menjelaskan permasalahan yang telah terjadi, karena penjelasan seorang anak tidak selamanya salah dimata orang tua, bisa jadi kesalahan yang telah diperbuat oleh anak ada sangkut pautnya dengan sikap orang tuanya. Mungkin orang tuanya tidak pernah memberikan waktu untuk anaknya curhat, bahkan berkumpul bersama. Atau orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga lupa dengan pertumbuhan anaknya. Itu semua kembali kepada bagaimana orang tua tersebut berfikir lebih untuk membangkitkan semangat anak dalam menjalani kehidupan.

  • Carikanlah pendidikan formal atau non formal yang baik untuk anak

Pendidikan formal atau nonformal  merupakan pengajaran kedua setelah pendidikan yang diatur orang tua dalam keluarga. Berikanlah si anak sebuah pendidikan yang berbasis agama yang cocok baginya. Karena pengajaran agama sangatlah penting untuk mengatur perilaku dan moral anak.

Terima kasih telah mampir untuk membaca artikel tentang cara orang tua milenial mengasuh anak. Semoga apa yang telah tertulis menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi anda para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *