Cara Mendidik Anak agar Ia Mau Bersedekah

Sedakah adalah ibadah yang mungkin bagi sebagian orang sulit, karena mereka harus membagi sebagian rezeki yang dimiliki. Padahal Allah sudah emnjamin bahwa jika sedekah 1 barang akan dibalas 10 kali lipat. Jika kita sudah gemar bersedekah, bagaimana cara melatih anak agar mau bersedekah? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Sumber Gambar: sisiusaha.com

1. Memberi Contoh

Berikan contoh saat sedang berdonasi, karena anak akan melihat orang tuanya bersedekah dan akan tertanam di bawah sadarnya. Ia akan merekam di ingatannya, dan dengan enteng memberikan sebagian uang sakunya, karena mencontoh perilaku kita. Jangan hanya menyuruhnya bersedekah, tapi awali dengan berdonasi terlebih dahulu.

2. Mengajaknya Belanja Barang yang Akan Disedekahkan

Cara melatih anak agar mau bersedekah yang selanjutnya adalah mengajaknya ke pasar. Bukan untuk belanja bulanan, tapi untuk membeli barang-barang yang akan diberikan pada acara donasi. Jadi, anak tahu bahwa kue-kue yang dibeli itu untuk jatah anak yatim. Ia juga merasa senang karena ikut turut serta dan dipercaya untuk membawakan barang-barang tersebut.

3. Membawanya ke Acara Donasi

Saat akan berdonasi ke panti asuhan atau rumah singgah, ajaklah anak untuk ikut serta. Jika perlu, rayakan ulang tahunnya di sana untuk berbagi hadiah pada mereka yang membutuhkan. Anak akan sadar bahwa ada banyak orang yang nasibnya kurang beruntung. Jadi, ia akan rajin sedekah untuk membantu mereka yang kekurangan.

4. Bercerita Tentang Keutamaan Sedekah

Sebelum tidur, ceritakan tentang keutamaan bersedekah. Misalnya cerita Nabi Muhammad yang rajin bersedekah, bahkan menyuapi orang buta dengan ikhlas. Jika ia mau bersedekah, akan meniru perilaku nabi dan akan selalu disayang Allah.

Cara melatih anak agar mau bersedekah sebenarnya cukup mudah. Bawalah ia saat kita akan berdonasi, jadi tahu realita hidup bahwa ada oeang-orang yang butuh uluran tangan para dermawan. Kemudian, ceritakan tentang keutamaan sedekah dan janji Allah pada orang yang gemar memberikan sebagian rezekinya. Sabarlah an terus tekun dalam mendidiknya agar anak dengan sukarela bersedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *