Belajar Mendidik Balita Dengan Ilmu Parenting Islami

Anak merupakan amanah yang harus dijaga oleh orang tuanya, tidak hanya dijaga dalam bentuk fisiknya, tetapi batin dan pola asuh orang tua pun harus dijaga. Apalagi balita yang masih lucu dan sering menirukan orang tuanya harus mendapatkan pendidikan yang benar. Lalu bagaimana belajar mendidik balita dengan ilmu parenting islami? Mari kita bahas bersama di bawah ini.

Orang tua wajib menjadi teladan

Anak belajar dengan cara modelling, mengamati, lalu meniru orang tua atau orang-orang di sekitarnya. Sekali saja orang tua memberikan teladan yang buruk, maka anak akan menirukannya. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh orang tua, berperilaku dan berakhlak baiklah sesuai ajaran Rosululloh.

Bersahaja dalam menerapkan nilai disiplin

Belajar mendidik balita dengan ilmu parenting islami salah satunya menerapkan nilai disiplin. Orang tua tidak perlu terlalu keras dalam menerapkan nilai disiplin, seperti mudah memukul, marah dan mengeluarkan ucapan dengan nada tinggi. Hal tersebut akan memberikan dampak pada anak bahwa kekerasan itu bisa dilakukan.

Mengajarkan indahnya berbagi

Sebagai balita, tentu mereka sering bermain dengan anak balita lainnya. Nah, dari situlah orang tua harus mengajarkan indahnya berbagi. Seperti berbagi makanan yang dimiliki bersama temannya. Berilah pengarahan dengan lemah lembut bahwa berbagi itu menyenangkan. Sehingga kelak setelah dewasa, si Anak tidak akan memiliki sifat murah hati dan suka membantu sesama.

Perhatikan lingkungan bermain

Orang tua harus memilih tempat si Anak bermain, karena akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak. Belajar mendidik balita dengan ilmu parenting islami akan mengalami kegagalan saat lingkungan bermainnya tidak mendukung. Termasuk lingkungan di rumah, seperti acara televisi yang kurang mendidik akan membentuk balita sebagaimana yang dia tonton.

Ajarkan kemandirian sejak balita

Belajar mandiri sejak balita memang cukup bagus, meskipun hal ini cukup sulit apalagi balitanya sedang rewel. Tapi setidaknya ketika anak balita sedang asyik dengan dunianya, berikan ia kemandirian sedikit demi sedikit. Contohnya membereskan kembali berbagai mainan yang telah dipakainya.

Pada dasarnya belajar mendidik balita dengan ilmu parenting islami harus dibarengi dengan kesabaran dan ketelatenan secara terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *