Anak Ketahuan Berbohong? Ini Cara Mengatasinya

Suatu hari kita merasa marah sekaligus malu karena ditagih uang SPP oleh Bu Guru, padahal sudah seminggu lalu dititipkan pada anak. Apakah kita langsung mengamuk begitu tahu anak berbohong? Tenang, jangan emosi dulu. Coba evaluasi dan lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi anak berbohong.

Sumber gambar: pixabay.com

1. Tanyakan Baik-Baik

Jika kita bertanya pada anak mengapa ia berbohong dengan mata yang melotot dan tangan yang siap menampar, anak akan makin menjauh dan merasa ibu memusuhinya. Coba tenangkan diri dan tanyakan baik-baik, mengapa ia tidak jujur. Jika ia masih belum mau bicara, tunggulah. Mungkin besok atau lusa ia mau mengatakan alasannya. Jangan diinterograsi, karena kita bukan polisi.

2. Maafkanlah

Saat anak sudah bisa diajak bicara dan mengungkapkan alasannya, maka maafkanlah dan jangan singgung kasus ini lagi. Siapa tahu ia berbohong karena ikut arus pergaulan yang negatif. Cara mengatasi anak berbohong bukanlah dengan mengungkit-ungkitnya tiap kali ada kesempatan. Anak akan merasa kita masih marah dan ia akan berbohong lagi karena diingatkan.

3. Ajarkan bahwa Allah Maha Melihat

Ajarkan pada anak bahwa Allah maha melihat, jadi walau gurunya, ibunya, atau orang lain tidak tahu, tapi Ia tahu segalanya. Jangan menakut-nakuti bahwa ketika Allah melihat ia berbohong, otomatis akan masuk neraka. Tanamkan bahwa jika Allah maha melihat segala perilaku baiknya, maka akan disayang dan dikabulkan doanya.

4. Bawa Namanya Dalam Doa

Cara terakhir agar anak selalu jujur adalah dengan mendoakannya setelah salat. Bukan hanya saat ibadah wajib, tapi doakan dia di tengah malam setelah tahajud. Semoga Allah melunakkan hatinya dan selalu menjaganya agar selalu jujur dan tidak mengulangi kebohongannya. Doa ibu insya Allah akan dikabulkan.

Agar anak selalu jujur, maka tanamkan bahwa Allah maha melihat dan selalu mencatat perilaku buruk dan baiknya. Selain itu, cara mengatasi anak berbohong adalah dengan mendoakannya setiap hari, dan memaafkan kekhilafannya. Semoga anak kita selalu jujur dan kapok untuk berbohong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *