3 Tips agar Anak Mau Berkerudung Sejak Dini

Memiliki anak perempuan adalah anugerah tapi juga bisa jadi musibah ketika ia tidak mau berkerudung setelah aqil balig. Untuk mengatasinya, sebaiknya anak dipakaikan kerudung sejak ia berusia 1 tahun. Memang belum wajib, tapi dengan memakaikan kerudung dan pakaian tertutup, ia akan terbiasa dan mau menutup auratnya ketika sudah remaja. Ini beberapa tips agar anak mau berkerudung sejak dini.

1. Pilih Kerudung yang Bahannya Dingin

Saat membelikan jilbab untuk anak, maka pilih yang bahannya adem dan menyerap keringat. Misalnya katun atau spandex korea. Anak-anak sangat aktif dan mudah mengeluarkan keringat, jadi jangan belikan kerudung yang murah tapi bahannya tipis dan panas. Jika kita belum mengerti karakter sebuah kain, maka belilah kerudung di toko offline untuk menyentuh bahannya dan mengetahui kelebihannya.

2. Belikan Kerudung Warna-Warni dan Imut

Agar anak mau berkerudung sejak dini, maka belikan jilbab warna soft seperti merah muda dan peach atau warna favoritnya. Ada kerudung warna hitam? Sebaiknya jangan dipakaikan. Anak lebih terlihat cantik dengan kerudung warna-warni. Bahkan sekarang ada model jilbab yang diberi hiasan sehingga mirip dengan telinga kucing. Anak akan suka mengenakannya karena kerudung itu sangat imut.

3. Pujilah Ia saat Menutup Aurat

Ketika anak mau memilih kerudungnya sendiri, maka pujilah ia dengan tulus. Ambil kamera dan ajak ia untuk berpose.  Saat acara kartinian atau karnaval, pakaikan kerudung yang dihias dan semua orang pasti memujinya. Jika ia dipuji cantik saat memakai kerudung, maka ia akan jadi percaya diri saat mengenakan jilbab. Ia mulai suka berjilbab saat belajar di sekolah maupun ketika bermain bersama teman-temannya.

Ada beberapa cara agar anak mau berkerudung. Yang pertama, belikan kerudung yang berwarna menarik atau menjadi pilihannya sendiri. Kemudian, pilih jilbab yang bahannya menyerap keringat, meskipun harganya agak mahal. Ketika anak mulai mau dalam menutup aurat, dukung ia dan berikan pujian. Anak perempuan harus dijaga dan ditanamkan kesadarannya agar mau berkerudung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *